Ustaz Adi Hidayat Perbolehkan Ucap Selamat Ulang Tahun, Asal…

Selasa, 22 Agustus 2023 – 06:10 WIB

VIVA Lifestyle – Mengucapkan selamat hari ulang tahun bagi masyarakat kaum urban sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sejak zaman nenek moyang. Kendati begitu, ulama Ustaz Adi Hidayat mengungkapkan fakta berbeda mengenai ucapan selamat ulang tahun bagi umat Islam agar tak salah kaprah.

Baca Juga :

Sekjen Peradi-SAI, Patra M Zen terpilih jadi Ketua Umum IKA-FH Unsri

Melalui video singkat di kanal YouTube Ceramah Pendek, pendakwah asal Pandeglang itu membeberkan hukum memberi ucapan selamat ulang tahun. Hal itu dikaitkan dengan sebuah dalil yang merujuk pada sikap Nabi Muhammad SAW saat sedang bertambah usia. Scroll untuk tahu info lengkapnya, yuk!

“Apa dalilnya (saat ulang tahun), suatu saat Nabi Muhammad puasa di hari Senin,” kata Ustaz Adi Hidayat, dikutip VIVA, Senin 21 Agustus 2023. 

Baca Juga :

Kurir Sabu 27 Kg Dituntut Hukuman Mati di Pengadilan Negeri Medan

Ustaz Adi Hidayat melanjutkan bahwa saat itu para sahabat bertanya alasan Rasulullah SAW berpuasa di hari Senin. Rupanya, itu sebagai bentuk syukur atas bertambahnya usia Nabi Muhammad seraya meningkatkan ibadahnya.

Baca Juga :

Mahfud Dukung Langkah Kejaksaan Tunda Proses Hukum Capres Hingga Kepala Daerah

“Jadi, Nabi Muhammad itu mensyukuri kelahirannya dengan meningkatkan ibadah, salah satunya dengan puasa,” ungkap Ustaz Adi Hidayat (UAH).

Maka, UAH menyatakan bahwa berdasarkan contoh yang ada tersebut, sunnah bagi umat Islam agar melakukan muhasabah saat bertambah usia. Muhasabah ini merujuk pada pencapaian di usia tersebut terkait ibadah dan dosa yang telah diperbuat.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *