Telkom University Sumbang Aplikasi Educations Smart System ke Poltek Sambas

TEMPO.CO, BandungTelkom University Bandung memberikan aplikasi Educations Smart System atau Eazy ke Politeknik Negeri Sambas di Kalimantan Barat. Aplikasi itu berfungsi untuk membantu kebutuhan akademik dan administrasi institusi.

“Melalui kolaborasi ini, kami ingin terus berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Telkom University, Dadan Rahadian lewat keterangan tertulis, Jumat, 11 Agustus 2023.

Aplikasi itu dirancang untuk memberikan kenyamanan sebagai solusi guna memenuhi semua kebutuhan akademik. Fitur akreditasi misalnya bisa digunakan untuk meningkatkan akreditas perguruan tinggi dan program studi sesuai peraturan Badan Akredirasi Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Sumbangan aplikasi itu didukung program tanggung jawab sosial dari PT Telkom Indonesia. 

Direktur Poltesa Yuliansyah berterima kasih atas bantuan itu. Aplikasi itu, menurut dia, untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah khususnya di daerah perbatasan. “Juga membantu kami, pimpinan perguruan tinggi dalam memantau perkembangan proses akreditasi,” ujarnya. 

Iklan

Berbasis cloud, sistem aplikasi Eazy terbagi menjadi beberapa fitur. Selain untuk akreditasi dan keperluan akademik, seperti membuat jadwal perkuliahan, ada feeder yang bisa digunakan untuk mendata jumlah mahasiswa yang harus dilaporkan per semester dan data informasi validasi dari pangkalan data pendidikan tinggi.

Fitur PMB terkait dengan proses penerimaan mahasiswa baru mulai dari pendaftaran, pembayaran dan laporan statistiknya secara langsung. Layanan kecerdasan buatan atau AI membantu dosen atau program studi untuk mengambil keputusan yang cepat terkait dengan kuliah mahasiswa. Aplikasi bisa memprediksi nilai indeks mahasiswa yang punya masalah akademik.

Selain itu, ada fitur sumber daya manusia, kemudian fitur penelitian untuk menata seluruh penelitian dan proses layanan ke masyarakat. Aplikasi serupa sebelumnya pernah dibagikan Telkom University ke dua kampus di Bogor dan Bandung. Penerimanya, yaitu Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan serta Universitas Bale Bandung. 

Baca Juga  Jokowi Ajak Artis dan Influencer Jajal Naik LRT, Ada Desta hingga Cak Lontong

Pilihan Editor: 10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023, Telkom dan Binus Bersaing



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *