Skincare Alami Gracious Project Berdayakan Petani Lokal

Kehadiran Gracious Project berawal dari hobi sang pemilik, yaitu Gracia Chandra (usia 31 tahun) yang senang meracik essential oils dan berbagai produk perawatan tubuh dengan bahan natural. Akhirnya, Gracia mendirikan usaha skincare alami Gracious Project tahun 2020.

“Saat pandemi, banyak orang yang mencari produk perawatan tubuh dan skincare bagi keluarga. Kebetulan saya punya latar belakang sebagai formulator, yang bisa membuat formula untuk bahan kesehatan atau kecantikan, sehingga saya terdorong untuk membuat produk perawatan tubuh dengan bahan natural, salah satunya sabun natural,” ungkap Gracia.

Produk ciptaan Gracia yang semula digunakan untuk keluarga akhirnya berkembang dan makin banyak peminat. Tak hanya menjual produk perawatan tubuh dengan bahan alami, pihaknya juga mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih natural, salah satunya dengan menjual buku seputar resep dan cara pembuatan produk perawatan tubuh alami, seperti soap bar dan essential oils.

Menurut Gracia, produknya menggunakan bahan alami dan diperoleh dari petani lokal. Gracious Project bekerja sama dengan petani lokal penghasil minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) di Lombok Utara dan petani lokal minyak calendula di Malang. Ada juga perajin Bali dan Yogyakarta yang memproduksi alat pelengkap, seperti loofah (alat yang terbuat dari gambas untuk membersihkan kotoran pada kulit), serta kapas yang dapat dipakai ulang.

Untuk pemasaran, merek ini menggunakan berbagai platform penjualan seperti Tokopedia. Sejak bergabung, Gracia memakai berbagai fitur, seperti TopAds, bebas ongkir, flash sale, produk bundling, hingga rutin mengikuti kampanye, salah satunya festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB).

Berkat kehadiran Gracious Project dan para pelaku usaha lokal, penjualan berbagai produk perawatan tubuh terus melesat di Tokopedia. Berdasarkan data nasional, kategori produk Perawatan Tubuh di Tokopedia, body lotion, hair conditioner dan hair mask menjadi beberapa produk terlaris di Semester I 2023 dibandingkan Semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 5 kali lipat.

Baca Juga  5 Jenis Bedah Plastik yang Paling Banyak Diminati, Rhinoplasty Hingga Liposuction

“Bagi saya, apa pun yang kita lakukan harus memberi dampak bagi lingkungan sekitar dan memiliki prinsip yang kuat dalam berbisnis. Bahkan dengan berkolaborasi kita dapat maju bersama untuk meningkatkan berbagai potensi hingga menciptakan sesuatu yang inovatif dan dapat dibanggakan masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *