Realisasi Penyaluran Bansos Pena Pos Indonesia Capai 97%

PT Pos Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Adapun penyaluran bansos PENA dilaksanakan pada Agustus, September, Oktober, November, hingga Desember 2023. Adapun total penerima tercatat sebanyak 7 ribu orang. Dari alokasi yang diterima Pos Indonesia per 26 November 2023 yaitu 2.602 penerima dan telah disalurkan sebanyak 2.516 atau 97 persen dengan total dana penyaluran Rp12,2 miliar.

“Penerima ini adalah KPM yang sudah keluar dari program sembako dan PKH, sudah mendekati UMK dan UMP, namun pemerintah masih memperhatikan dengan memberikan bantuan usaha. Harapannya mereka bisa berjualan atau melakukan usaha sesuai kemampuan,” kata Executive General Manager Kantorpos KCU Bandung Arief Yudha Wahyudi dalam siaran persnya (07/12/2023).

Arief menegaskan Pos Indonesia tidak memotong biaya apapun. Begitu juga dengan pemerintah daerah. Dia berharap ke depan, bisa terus dipercaya pemerintah untuk menyalurkan bantuan lainnya karena Pos memiliki sistem yang baik sehingga user dari Kemensos bisa memantau langsung. 

Sementara itu, salah satu Pendamping Sosial PKH, Rusyida Astriani menjelaskan alur pengajuan calon penerima PENA melalui data KPM yang namanya sudah masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). “Harapan saya sebagai pendamping, mudah-mudahan setelah mendapatkan bantuan PENA ini penghasilannya lebih meningkat, keadaan ekonomi keluarga semakin membaik, sehingga bisa mandiri keluar dari bantuan pemerintah,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Baca Juga  Realme Siapkan Smartphone Baru dalam Waktu Dekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *