Ragam Manfaat Pare Bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah hingga Tingkatkan Imunitas

Kamis, 17 Agustus 2023 – 07:07 WIB

Jakarta – Pare atau parai terkenal dengan rasa pahitnya yang sangat pekat. Namun, di balik rasa pahit itu, ternyata pare memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga :

Kado HUT RI, Mahasiswa UI Sabet Juara Lomba Bisnis Teknologi Medis di Thailand

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, Rabu 16 Agustus 2023, pare mengandung banyak mineral nabati, kalsium, karotenoid dan fosfor.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa pare mengandung alpha-momorchorin, betamomorchorin, dan MAP30 (momordica antiviral protein 30) yang bermanfaat sebagai anti HIV/AIDS.

Baca Juga :

Soal Regulasi Pelabelan BPA pada Kemasan Galon, BPOM Diminta Tak Tebang Pilih

Selain itu, pare juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C, E, B1, B2, B3, dan B12 Mineral, seperti zat besi, kalsium, kalium, zinc, magnesium, fosfor, karbohidrat, serat, antioksidan, seperti fenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin.

Baca Juga :

Jokowi Alokasikan Rp 186,4 Triliun untuk Anggaran Kesehatan 2024, Ini Rinciannya

Karena banyaknya kandungan yang tersimpan dalam pare, membuat sayuran ini dipercaya dapat membawa manfaat bagi kesehatan. Berikut ulasannya:

1. Menurunkan gula darah

Manfaat pare yang paling terkenal adalah menurunkan gula darah. Hal ini karena pare memiliki senyawa yang dapat bertindak seperti insulin, yang bertugas mengolah gula darah untuk menjadi energi di dalam sel tubuh.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi pare dapat mengurangi kadar gula darah dan menurunkan HbA1c penderita diabetes tipe 2. Meski demikian, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut karena ada pula studi yang menyatakan bahwa pare tidak memiliki dampak signifikan sebagai pengobatan diabetes.

2. Mencegah Kanker Payudara

Studi menunjukkan bahwa pare memiliki sifat anti-kanker dan ekstrak dari buah pare terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Namun, masih diperlukan penelitian klinis lebih lanjut untuk memastikan dosis aman, efek samping, serta efektivitas pare dalam memerangi kanker.

Baca Juga  Desa Hantu di Cina, Rumah-rumah Ditumbuhi Tanaman setelah Ditinggal Penduduk

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Meski perlu diteliti lebih lanjut, konsumsi pare dapat membantu mencegah penyakit jantung. Pasalnya, konsumsi pare dalam jumlah yang cukup mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang ada dalam pare juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada pare mampu mencegah konstipasi. Namun, konsumsi pare berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping berupa diare dan muntah.

Ilustrasi sayuran pare atau parai

Ilustrasi sayuran pare atau parai

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meski sangat sedikit, kandungan protein tertentu yang terdapat pada pare mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh. Namun manfaat ini masih perlu untuk diteliti lebih lanjut.

Ibu hamil dianjurkan tidak konsumsi pare

Namun, dalam sebuah penelitian lain dinyatakan bahwa konsumsi pare dalam jangka panjang, baik dalam bentuk juz, lalap atau sayur, dapat mematikan sperma, memicu impotensi, merusak buah zakar dan hormon pria, bahkan berpotensi merusak liver.

Wanita hamil juga dilarang mengkonsumsi pare, karena melalui percobaan pada tikus menunjukkan pemberian jus pare menimbulkan keguguran.

Ilustrasi menguap, mengantuk, bangun tidur

5 Bahaya Kebiasaan Tidur Pagi, Kurang-kurangin Kaum Ngalong!

Meskipun tampak menarik dan sering kali dianggap sebagai tanda produktivitas, kebiasaan tidur pagi memiliki sejumlah dampak negatif. Berikut bahaya kebiasaan tidur pagi

img_title

VIVA.co.id

17 Agustus 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *