Proyeksi Saham Pertamina Geothermal Energy, Analis: Bakal Lanjut Menguat

TEMPO.CO, Jakarta – Saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (kode emiten: PGEO) ditutup menguat ke posisi harga saat penawaran perdana saham atau IPO di level 875. Penguatan tersebut terjadi pada penutupan perdagangan Rabu, 2 Agustus 2023 ini. 

Analis Teknikal CGS-CIMB Sekuritas Ratna Wijayanti mengatakan tren harga saham perusahaan penyedia listrik bertenaga panas bumi ini terlihat menguat dalam dua pekan terakhir. Adapun potensi kenaikan saham PGEO bisa berlanjut ke level 920-950 per saham apabila berhasil menyentuh level 900.

“Kalau dilihat, chart-nya masih bagus tapi apabila belum mencapai 900 akan ada minor koreksi,” ujar Ratna lewat keterangan tertulis pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Menurut Ratna, level support saham Pertamina Geothermal Energy berada pada rentang 830-860. Sementara dari sisi fundamental, ditopang oleh berita positif terkait peningkatan kinerja keuangan hingga semester pertama 2023.

Harga saham Pertamina Geothermal Energy tercatat meningkat 17 persen dalam dua pekan ini hingga ke posisi harga IPO pada awal pekan Agustus ini, sehingga market cap atau kapitalisasi pasar Pertamina Geothermal Energy mencapai Rp 36 triliun. 

Iklan

Saat ini PT Pertamina Power Indonesia menguasai 69 persen saham Pertamina Geothermal Energy. Sementara Masdar Indonesia Solar Holdings RSC Limited 15 persen, dan masyarakat hanya 10 persen.

Sementara itu, analis CTA Saham Andri Zakarias Siregar melihat secara technical analysis, Pertamina Geothermal Energy masih konsolidasi pada kisaran 795-935. “Jika bisa break dan ditutup di atas 925, next target kenaikan berikutnya di resistance 1.100-1.250,” ucap Andri.

Saham Pertamina Geothermal Energy sempat menembus level tertingginya pada 6 Juni 2023 di posisi 925. Hal itu terjadi setelah perusahaan mengumumkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dengan pergantian direksi dan membagikan dividen sebesar 78 persen dari laba bersih 2022 atau US$ 100 juta. 

Baca Juga  Pemerintah Aceh Tak Bangun Venue Baru untuk PON 2024

Pilihan Editor: 3 Poin Jokowi soal Jembatan Lengkung LRT Jabodebek Salah Desain



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *