Polusi Udara Bisa Sebabkan Risiko Pneumonia hingga Gangguan Kecerdasaan dan Perilaku Pada Anak

Jumat, 18 Agustus 2023 – 16:53 WIB

JAKARTA –  Kondisi polusi udara di Jakarta belakangan ini menjadi isu yang membuat khawatir masyarakat. Tak hanya dapat menyebabkan orang dewasa sakit, polusi udara juga bisa berdampak pada kesehatan anak. Ada berbagai ancaman penyakit pada anak-anak yang bisa disebabkan oleh polusi udara.

Baca Juga :

Atasi Polusi Udara, Heru Budi Minta ASN DKI Eselon IV ke Atas Pakai Kendaraan Listrik

Salah satu yang menjadi concern adalah polusi udara bisa meningkatkan risiko terjadinya pneumonia pada anak. Hal ini diungkap oleh Spesialis anak konsultan, dr. Darmawan B. Setyanto, Sp.A (K). Scroll lebih lanjut ya.

“Polusi bisa merusak sistem pertahanan saluran nafas sehingga sebabkan pneumonia pada anak,” kata Darmawan dalam virtual press conference IDAI, Jumat 18 Agustus 2023.

Baca Juga :

Rapat Penanganan Polusi Udara, Heru Budi Sebut Luhut Minta Seluruh Kementerian WFH

Dijelaskannya lebih lanjut, terkait polusi udara yang buruk bisa meningkatkan risiko anak pneumonia ini lantaran, sumber polusi yakni polutan bisa mengiritasi sistem respiratory. 

Baca Juga :

Penjabat Gubernur DKI Minta Masyarakat Ikut Bantu Mengurangi Polusi Udara di Jakarta

“Tubuh kita semua punya sistem kemampuan untuk bertahan, kita punya bulu hidung untuk menyaring debu, ada silia, ada refleks batuk. Jika mekanisme ini terkena polutan maka sistem pertahannya akan rusak atau terganggu, dan apabila ada kuman penyebab pneumonia itu gampang masuk,” ujar Darmawan. 

Selain pneumonia, polusi udara juga bisa menggangu tumbuh kembang neurologi, atau saraf anak, gangguan perkembangan motorik dan tingkah laku pada anak.

Halaman Selanjutnya

Source : iStockphoto.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Lewat Fun Walk, Rektor USU Ingatkan Jangan Sampai Terpecah Belah di Tahun Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *