Pinhome Lindungi Mitra dengan BPJS Ketenagakerjaan

Aplikasi properti dan jasa layanan menyeluruh, Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh mitra layanan Pinhome Service atau yang sering disebut Rekan Jasa Pinhome (RJP). Mulai Januari ini, mereka akan mendapat perlindungan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Qurrat Aynun Abu Ayyub, Director of Strategy & Service Business Pinhome mengatakan, Rekan Jasa Pinhome memiliki mobilitas yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya sehingga risiko terjadi kecelakaan kerjanya pun cukup tinggi. Dengan adanya BPJS, pihaknya ingin memastikan bahwa tidak hanya pelanggan yang dapat merasakan kenyamanan, kepuasan, dan keamanan, tetapi juga Rekan Jasa Pinhome.

“Saat ini seluruh RJP sudah tergabung dalam BPJS, termasuk nanti ketika ada yang bergabung otomatis akan kami daftarkan. Jadi semua back end prosesnya kami yang pegang, mulai dari pendaftaran hingga pembayaran,” ujar Abu dalam acara Rekan Jasa Pinhome Gathering 2024 di Jakarta (30/01/2024).

Seperti diketahui, manfaat dari program JKK berupa biaya pengobatan dan perawatan tanpa batasan biaya termasuk biaya rehabilitasi. Sementara manfaat program JKM berupa santunan tunai kepada ahli waris senilai total Rp42 juta dan manfaat beasiswa pendidikan anak sampai lulus kuliah.

Untuk mendapat semua manfaat tersebut, Abu menegaskan bahwa mitra harus aktif sebagai RJP. Pasalnya, pembayaran BPJS akan otomatis dikurangi dari pendapatan setiap bulan RJP. Ia mencontohkan, jika RJP aktif mengambil pesanan dalam waktu satu bulan, maka polisnya akan aktif. Namun jika mereka tidak aktif secara terus menerus, secara otomatis polisnya pun tidak aktif.

“Biasanya BPJS ada grace period. Misalnya di bulan kedua tidak aktif, tapi bulan ketiga aktif lagi maka polisnya akan tetap aktif dan terlindungi. Ini nanti mengikuti term and condition BPJS. Karena jika berbicara BPJS, terdaftar saja tidak cukup. Polisnya harus aktif agar mereka terproteksi. Jadi bagaimana caranya proses pengaktifan polis tersebut setiap bulan terbayar sehingga kapanpun dan dimanapun terjadi kecelakaan, mereka selalu terproteksi,” jelasnya

Baca Juga  Maba UIN Surakarta Diminta Daftar Pinjol, Dewan Etik Hasilkan 5 Rekomendasi Ini

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Kebon Sirih Muhyiddin menyampaikan apresiasinya kepada Pinhome karena telah mendorong dan memberikan perlindungan jaminan sosial kepada mitra perusahaan. Ia berharap, ke depan akan terwujud kesejahteraan dan rasa aman tidak hanya untuk pekerja itu sendiri, melainkan juga bagi keluarga di rumah yang akan terdampak apabila peserta terdampak risiko.

Untuk perlindungan yang menyeluruh, Pinhome juga bekerja sama dengan Pasarpolis untuk menyediakan asuransi bagi Rekan Jasa. Asuransi ini mencakup bantuan untuk pengobatan, cacat tetap, hingga meninggal dunia akibat kecelakaan kerja.

Di 2023, Pinhome mencatat terjadi peningkatan Rekan Jasa yang bergabung dengan Pinhome sebanyak dua kali lipat. RJP perempuan tumbuh kurang lebih 50%, RJP laki-laki tumbuh lebih dari 30%, dan RJP difabel tumbuh lebih dari 30%.

Hal itu diakui membuat bisnis Pinhome Home Service tumbuh signifikan di 2023. Jumlah order bulanan dan pilihan layanan tercatat tumbuh dua kali lipat, rating layanan naik menjadi 4,85, dan telah menjangkau 40 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. “Pertumbuhan home service tahun 2023 sangat cepat, kami berharap tahun ini bisa tumbuh tiga sampai empat kali lipat. Sekarang kami memiliki sekitar 15.000 orang RJP,” ungkap Abu.

Adapun layanan home service yang paling banyak dipesan sepanjang tahun 2023 di antaranya home cleaning, servis AC dan massage atau pijat. Tahun ini, Pinhome juga berencana menambah fitur home service lainnya yaitu yang terkait dengan home renovation dan home improvement. “Mungkin bisa dibilang di second half 2024 ini ya,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *