Pertamina Gaungkan Desa Wisata dan Produk UMKM Binaan di Belanda

PT Pertamina (Persero) bersama Kementerian BUMN memeriahkan pameran wisata terbesar di Belanda, Vakantiebeurs, pada Rabu-Minggu, 10-14 Januari 2024 di Jaarbeurs, Utrecht. Dalam pameran tersebut, Pertamina mengenalkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) seperti program Desa Wisata Pertamina dan beberapa produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan.

Kegiatan TJSL Pertamina merupakan upaya dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pada poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) serta prinsip Environment, Social, Governance (ESG). Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina mengungkapkan, partisipasi Pertamina pada pameran ini bertujuan mengenalkan budaya Nusantara terutama dari binaan Pertamina. Juga, upaaya BUMN itu memberdayakan banyak kelompok masyarakat untuk pengembangan Desa Wisata di berbagai wilayah di Indonesia. Di sisi lain, menunjukkan peran Pertamina dalam mengembangkan energi transisi di dalam negeri.

“Program yang dikenalkan di ajang Vakantiebeurs salah satunya adalah Balai Perekonomian Desa (Balkondes) di Desa Wringinputih dan Desa Karangrejo, binaan Pertamina, keduanya berada di Borobudur, Kabupaten Magelang. Borobudur sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, sehingga ini kesempatan kami untuk mengangkat program Pertamina ke komunitas global yang lebih luas,” jelas Fadjar dikutip dalam keterangan resmi, Kamis (18/01/2024).

Manager Corporate Social Responsibility Pertamina Dian Hapsari Firasati mengungkapkan, program TJSL dan produk UMKM unggulan tersebut antara lain Desa Wisata Pertamina Balkondes, Sahabat Disabilitas Pertamina Difablepreneur, Desa Energi Berdikari, Handicraft Ayu Tenan, Handicraft Diby Leather, Handicraft Kuncoro Leather, Omah Wayang, dan lainnya. Salah satu budaya yang dibawa adalah batik khususnya batik dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang merupakan produk dari komunitas program Desa Wisata.

Baca Juga  Jenguk Sultan yang Tak Bisa Bicara karena Luka Terjerat Kabel, Mahfud Ngobrol Pakai HP

“Tidak hanya memberikan informasi tentang apa itu batik, tapi Pertamina juga mengajak pengunjung untuk belajar membatik di booth Pertamina. Yang lebih menarik, program membatik ini didukung oleh salah satu komunitas difablepreneur dari Kabupaten Boyolali, dan ini mendapatkan respons positif dari banyak pengunjung,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *