Pentingnya Peran Data & Analytics dalam Talent Management

Meningkatnya pergantian karyawan (turnover), berkurangnya produktivitas, dan rendahnya motivasi kerja karyawan dapat terjadi apabila Departemen SDM tidak melakukan proses Talent Management dengan tepat. Ketika proses Talent Management kurang efektif, perusahaan tidak mampu memenuhi kebutuhan dan harapan karyawan, atau tidak memberikan pengembangan karir yang cukup, maka tingkat turnover dapat tinggi. Selain itu, kurangnya apresiasi dan dukungan terhadap karyawan akan membuat karyawan merasa tidak dihargai sehingga karyawan cenderung memiliki motivasi dan produktivitas yang rendah.

Talent Management yang efektif dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin terjadi di seluruh lapisan karyawan. Talent Management melibatkan semua cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengelola karyawan dari proses perencanaan hingga pengelolaan SDM dengan tujuan mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan individu-individu (talent) yang memiliki keterampilan dan potensi untuk mencapai kesuksesan perusahaan. Melalui Talent Management yang efektif, perusahaan dapat mengidentifikasi talent di perusahaan dan memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan. Hal ini dapat membantu karyawan meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja mereka, serta mengurangi tingkat turnover karyawan.

Untuk berhasil dalam mengelola Talent Management, penggunaan Data & Analytics memainkan peran yang sangat penting. Data yang dibutuhkan akan lebih dari sekadar historikal pekerjaan atau latar belakang pendidikan. Data tentang personality, potensi, kompetensi, hingga performa kerja menjadi data yang sangat berharga dalam mengambil keputusan tentang Talent Management di perusahaan. Kesalahan dalam pengambilan keputusan terkait penempatan posisi karyawan atau pengembangan karyawan yang tidak sesuai dengan kebutuhan karyawan tentunya dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, proses Talent Management yang tepat menjadi sangat krusial untuk kesuksesan perusahaan.

Baca Juga  ReleasePrisonerNo804 viral video twitter

Talentlytica telah sukses menggelar workshop kolaboratif bersama dengan Organization Development Indonesia (OD.ID), untuk meningkatkan pengetahuan dan skill dalam melakukan praktek Talent Management yang efektif di perusahaan. Workshop dengan tajuk “Strategic Talent Management: Unravel Talent within Data & Analytics” ini dilaksanakan di Jakarta, pada tanggal 20 dan 25 September 2023 lalu. Tujuan dari acara ini adalah untuk membantu para profesional SDM dalam memahami peran penting Talent Management dan cara mengoptimalkannya melalui penggunaan Data dan Analitik. Sebanyak 43 perusahaan telah mengikuti workshop ini. Melalui studi kasus dan analisis peran Data dan Analitik dalam proses Talent Management, acara ini telah sukses membantu para praktisi HR dalam mengatasi tantangan Talent Management di perusahaan mereka.

Salah satu peserta, Soraya Faradilla M, seorang Organization Development di sebuah perusahaan Logistik, berbagi pengalamannya, “Acara hari ini, kalo istilah HR itu, daging banget. Materi sangat bagus untuk semua HR, khususnya karena saya bergerak dibidang OD, memang ini materinya OD banget dan saya rasa insightful bisa langsung diterapkan ditempat kerja saya. Kita diajarkan bagaimana untuk melihat dan membaca data, serta bisa menceritakannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan terkait data. Sehingga jika kita punya program, itu bisa membantu menjadi bahan pertimbangan sebagai keputusan apakah program tersebut bisa dijalankan atau tidak.”

Ketua OD.ID, Erdo Deshiant Garnaby, juga menyampaikan “Event ini sangat bagus untuk benchmarking satu sama lain para praktisi TM di organisasi masing-masing. Semoga dari event ini bisa cukup untuk menginspirasi dalam meningkatkan strategi Talent Management masing-masing dan dari jejaring yang terbentuk bisa berkolaborasi lagi di lain kesempatan.”

Talentlytica sebagai pelopor inovasi teknologi digital HR di Indonesia akan terus berkomitmen dalam meningkatkan pengetahuan dan skill praktisi HR untuk menemukan talent di perusahaan. Dengan berbagi ilmu, pengalaman, dan teknologi terkini di dunia HR, diharapkan praktisi HR dalam memberikan dampak yang besar dalam pertumbuhan ekonomi dan profesionalitas SDM di Indonesia.

Baca Juga  Rekam Jejak Amran Sulaiman, yang Dipilih Jokowi jadi Mentan Lagi Gantikan Syahrul Yasin Limpo



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *