Pembebasan Tol Bocimi Seksi III Mencapai 86 Persen

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut progres pembebasan lahan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi alias Tol Bocimi Seksi III Ruas Cibadak-Sukabumi Barat mencapai 86 persen.

“Jadi sebetulnya kita punya banyak ruang untuk kerja karena tanahnya sudah 86 persen,” kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja saat dihubungi Tempo pada Ahad, 6 Agustus 2023. “Mudah-mudahan di akhir 2024 bisa kita selesaikan sampai Sukabumi Barat.”

Sebagai informasi, Tol Bocimi memiliki empat seksi dengan total panjang 54 kilometer. Seksi II Ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat, 4 Agustus 2023. 

Sedangkan Seksi I Ciawi-Cigombong telah beroperasi sejak 2018. Sementara itu, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur dalam proses pembebasan lahan.

Meski begitu, lanjut Endra, pembangunan Tol Bocimi Seksi III belum dilakukan. Hal ini masih menunggu pembicaraan dengan kementerian terkait lainnya.

“Untuk Seksi III kan dari Cibadak ke Sukabumi Barat, itu kira-kira 12 kilo. Kebutuhan investasinya kira-kira Rp 2,5 triliun,” ujar Endra.

Jika Cibadak dan Sukabumi Barat bisa dihubungkan, kata dia, itu akan sangat menolong. Sebab, masih ada titik kemacetan di Cibadak dan Cisaat yang bisa di-bypass dengan tol tersebut.

Iklan

“Jadi kalau kita membayangkan dulu, kan kemacetannya yang kita bayangkan kalau ada tugas ke Sukabumi,” tutur Endra.

Pembangunan Tol Bocimi Seksi II hingga Cibadak dinilai sudah menolong. Tetapi, Endra menilai masih ada pekerjaan rumah alias PR. 

“Kalau sampai Sukabumi Barat baru kita bener-bener bisa terukur dari sisi waktu,” ujar Jubir Kementerian PUPR tersebut.

Dengan dibangunnya Tol Bocimi Seksi III, mobilitas dari Sukabumi ke Bodor atau sebaliknya juga bisa terbantu. Bahkan, kata dia, akses ke Jawa Barat bagian selatan di sisi Sukabumi bisa terbuka.

Baca Juga  Satu Dekade Kiprah Kubota Machinery di Indonesia

“Artinya, Pantai Selatan Sukabumi. Nah, itu kan di sana banyak daerah wisata,” beber Endra.

Pilihan Editor: Terkini: Tanggapan OJK terkait Pinjol di Balik Pembunuhan Mahasiswa UI, Promo Tiket Pesawat Rp 0 ke Vietnam



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *