Ninja Xpress Perkuat Ekosistem Logistik Terintegrasi bagi UKM

UKM yang menggunakan fasilitas Ninja Studio diantaranya Heirloom, Petik Tea Bar, dan Bakmi Taat. (Vina/SWA)

Sektor logistik merupakan salah satu mesin penggerak ekonomi nasional, hanya saja, menurut Supply Chain Indonesia (SCI), sampai dengan saat ini efisiensi biaya logistik masih menjadi salah satu tantangan dalam sektor logistik di Indonesia.

Memahami hal itu, perusahaan jasa pengiriman Ninja Xpress terus berupaya menyediakan ekosistem logistik yang terintegrasi secara end to end demi mendukung perkembangan bisnis UKM menjadi lebih mudah dengan harga yang kompetitif.

Ekosistem terintegrasi Ninja Xpress dimulai dari layanan pengiriman sebagai core services perusahaan yang terdiri dari regular maupun sameday delivery. Layanan ini dilengkapi warehouse dengan mesin dimension weight and scanning (DWS) untuk mengukur paket dengan lebih akurat.

Tidak hanya itu, dukungan untuk UKM juga dilakukan melaui program Ninja Xpress Seller Booster. Mulai dari layanan pergudangan atau Ninja Fulfillment, layanan pengadaan bahan baku dari luar negeri melalui Ninja Direct, hingga bantuan promosi dan marketing secara gratis melalui layanan foto dan video produk di dalam Ninja Studio.

Para pelaku UKM juga dapat menggunakan Ninja Studio sebagai ruang edukasi dan eksplorasi untuk pengembangan bisnis mereka. Beberapa UKM yang menggunakan fasilitas Ninja Studio diantaranya adalah Petik Tea Bar, Heirloom, dan Bakmi Taat. Penyediaan Ninja Studio merupakan bentuk dari semangat yang selalu dipegang oleh Ninja Xpress dalam mendukung pelaku UKM di Indonesia.

“Adapula Point Reward di mana UKM dapat menukarkan poin pengiriman mereka menjadi fasilitas pemasaran seperti endorsement hingga ibadah umroh,” ujar Ribka Pratiwi, Head of Public Relation Ninja Xpress dalam media gathering di Jakarta, Rabu (15/11/2023). Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 8000 shipper Ninja Xpress yang telah menggunakan fasilitas Ninja Xpress Seller Booster untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka.

Baca Juga  Kecelakaan Mobil Seruduk Motor di Jaksel Diduga karena Pedal Gas Nyangkut

Ninja Xpress juga berambisi dalam membantu UKM naik kelas, salah satunya dengan menjangkau pasar global dengan layanan International Delivery. Melalui layanan ini, UKM bisa dengan mudah melakukan pengiriman barang keluar negeri, khususnya ke Singapura dan Malaysia secara end to end, mulai dari pengurusan dokumen sampai dengan penyediaan fasilitas Cash-On-Delivery lintas negara.

Sebagai bentuk ambisi agar UKM mampu menjual produknya di luar negeri, sejak Agustus 2023, Ninja Xpress memfasilitasi UKM untuk dapat menjual produk di Mallindo, sebuah platform e-commerce yang berfokus pada penjualan produk-produk Indonesia di Malaysia. Dengan adanya Mallindo, UKM di Indonesia memiliki akses yang lebih luas dan mudah untuk menjangkau pasar di Malaysia.

Ribka menyebut, hingga saat ini sudah ada ratusan kilogram paket terkirim dengan kategori yang paling banyak diminati adalah makanan seperti wedang uwuh, jamur, hingga baby lele. “Ada banyak UKM dari Jakarta, Yogyakarta, bahkan Sumatera Utara yang sudah menjual produknya di Malaysia. Karena ternyata saat ini ada lebih dari 6 juta orang Indonesia yang tinggal di Malaysia. Ini peluang yang sangat baik,” tambahnya.

Menurut Ribka, semua inisiatif yang dihadirkan Ninja Xpress tidak lain berdasarkan kebutuhan dari para pelaku UKM. Selain melihat data pengiriman, setiap tahun pihaknya selalu melakukan survei Suara UKM Negeri sebagai salah satu upaya untuk terus memperbaiki dan meningkatkan layanan. “Kami percaya UKM Indonesia sebagai penggerak ekonomi nasional, sehingga kami ingin ambil bagian untuk membantu UKM Indonesia,” tutur Ribka.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *