KPK Geledah Kantor Kemenaker Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan Sistem Proteksi TKI

Senin, 21 Agustus 2023 – 17:07 WIB

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penggeledahan di kantor Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI, Jakarta Selatan. Penggeledahan itu dilakukan penyidik KPK pada Jumat 18 Agustus 2023.

Baca Juga :

Anggota DPR Dukung Kejaksaan Cermat Tangani Laporan Dugaan Korupsi Capres-Cawapres

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa penggeledahan yang dilakukan di Kemnaker RI itu ternyata adalah sebuah penyidikan kasus baru. Adapun dugaan kasus baru itu yakni korupsi pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

“Betul ada perkara baru yang saat ini sedang dilakukan proses penyidikan oleh KPK yaitu terkait dengan dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia,” ujar Ali Fikri di gedung merah putih KPK, Senin 21 Agustus 2023.

Baca Juga :

Rizal Ramli dan Amien Rais Bawa Mahasiswa hingga Emak-emak ke KPK, Ada Apa?

Ali menjelaskan bahwa dugaan korupsi sistem pengadaan proteksi TKI itu merupakan sistem yang digunakan untuk mengolah data TKI. “Sistem itu digunakan untuk pengolahan data, proteksi TKI, sehingga dapat dilakukan pengawasan atau pengendalian,” kata Ali.

Setelah ini, KPK masih akan mencari alat bukti yang untuk melengkapi dugaan kasus penyidikam baru itu. Dia juga masih belum bisa memastikan kerugian negara yang ditaksir dalam dugaan kasus korupsi di Kemnaker.

Baca Juga :

Johanis Tanak Bakal Bela Diri di Sidang Etik terkait Chat ‘Bisalah Kita Cari Duit’

“Tentu ke depan kami juga melakukan pemanggilan terhadap saksi-saksi. Karena ini proses penyidikan, tentu kami nanti akan sampaikan lengkap ketika perkara ini cukup, kami pasti akan umumkan identitas dari para tersangka termasuk juga melakukan penahanan,” kata Ali.

Juru bicara KPK Ali Fikri

Juru bicara KPK Ali Fikri

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *