Jepang Hadapi Topan Lan, Penerbangan hingga Kereta Api Dibatalkan

TEMPO.CO, TOKYO – Jepang bersiap menghadapi Topan Lan yang diperkirakan akan menyerang pada Selasa, 15 Agustus 2023, waktu setempat. Maskapai penerbangan dan kereta api membatalkan layanan di daerah pusat pulau utama negara itu.

Lan adalah badai tropis ketujuh musim ini. Topan itu berada di atas Samudra Pasifik dekat Jepang tengah, menuju barat laut dengan kecepatan 15 kilometer per jam (9,3 mil per jam) pada Senin, 14 Agusus 2023.  Kecepatan angin maksimum 139 kilometer per jam dan hembusan hingga 195 kilometer per jam, kata Badan Meteorologi Jepang (JMA).

Tepi luar badai diperkirakan mencapai pantai prefektur Wakayama sekitar pukul 9 pagi waktu setempat, kemudian menuju ke utara melewati pusat populasi utama Osaka dan Kyoto. JMA memperingatkan akan hujan lebat dan angin, serta risiko banjir dan tanah longsor.

Japan Airlines dan ANA Holdings membatalkan banyak penerbangan di jalur badai. Kereta Api Jepang Barat mengumumkan penangguhan rute kereta peluru Tokaido Shinkansen antara Nagoya dan Osaka sepanjang hari Selasa, 15 Agustus 2023 serta Sanyo Shinkansen antara Osaka dan Okayama.

Badai Lan datang setelah Topan Khanun, yang berkelok-kelok di barat laut Pasifik selama berhari-hari sebelum menghantam Jepang selatan, Kemudian Topan Khanun bergerak menuju utara ke Korea Selatan, Cina, dan Timur Jauh Rusia.

Topan Lan mengancam untuk mengganggu salah satu musim perjalanan tersibuk di Jepang selama liburan musim panas Obon. Pada periode ini banyak orang berlibur dan kembali ke kampung halaman mereka.

Universal Studios Jepang mengatakan akan menutup taman hiburannya di Osaka pada Selasa. Sementara turnamen bisbol sekolah menengah nasional Koshien, tradisi musim panas yang ditonton jutaan orang, membatalkan semua pertandingan untuk hari itu.

Baca Juga  Jenguk Sultan yang Tak Bisa Bicara karena Luka Terjerat Kabel, Mahfud Ngobrol Pakai HP

Iklan

REUTERS

Pilihan Editor: Korea Selatan Siap-siap Disapu Angin Topan Khanun

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.   



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *