Heru Budi Bawa Rombongan Dinas untuk Atasi ISPA hingga Air Bersih di Rusun Marunda

TEMPO.CO, Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengunjungi RPTRA Gabus Pucung, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara hari ini. Dia turut membawa sejumlah dinas untuk menangani masalah warga di sana, semisal infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).  

“Hari ini saya menyapa warga di sini, ada bantuan air bersih, dari DKPKP (Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian) untuk green house, terus Dinas Kesehatan untuk menangani ISPA dan lain-lain,” kata Heru saat ditemui di RPTRA Gabus Pucung, Sabtu, 19 Agustus 2023. 

Kepala Sekretariat ini mengaku mendapatkan keluhan dari beberapa warga setempat soal air bersih. Menurut Lurah Cilincing Agung, aliran air di rumah susun alias Rusun Marunda di RPTRA Gabus Pucung memang sempat macet. 

Sebab, dia menerangkan, volume air yang biasanya lima meter kubik kini turun menjadi dua meter kubik. “Jadi, ini pasokan air masuknya cuma kecil, dibikin reservoir supaya ada dorongan tinggi ke rusun,” ucapnya. 

Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PAM Jaya Arief Nasrudin menyebut, pihaknya telah membangun reservoir di dekat jalan masuk RPTRA Gabus Pucung, tepatnya depan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Marunda, Jakarta Utara. Ke depannya, reservoir ini bakal menampung 560 meter kubik air. 

Iklan

Arief berujar pembangunan reservoir yang menghabiskan dana Rp 12,5 miliar ini rencananya diresmikan pada pekan kedua September 2023. Di sisi lain, dia mengklaim, Perumda PAM Jaya juga sudah menempatkan 10 tangki berisikan air bersih per harinya untuk warga rusun sejak Februari 2023.

“Biayanya seperti saat ini yang sudah berjalan minimum kebutuhan 1.050 per kubik atau Rp 1/liter. Jadi, saya pikir enggak memberatkan masyarakat,” ujar Arief. 

Baca Juga  Bisnis Layanan Garda M Klinik Jemput Bola Pasien

Pilihan Editor: Bikin Takut Warga Sekitar, Tangki Air Raksasa PDAM Depok Berdiri untuk Alasan Ini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *