Gus Yahya Tegaskan PKB Bukan Representasi NU meski Didirikan oleh Ulama dan Nahdliyin

Selasa, 8 Agustus 2023 – 09:35 WIB

Jakarta – Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU) Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menegaskan NU telah mengambil jarak dengan politik praktis. Karena itu, kata dia, PKB bukan partai yang merepresentasikan NU.

Baca Juga :

Mahfud MD Tegaskan Tak Ada Lagi Isu Penundaan Pemilu dan Pilkada 2024

“Enggak ada, enggak ada [keputusan bahwa PKB bukan merepresentasikan NU]. NU ini sudah keputusan Muktamar untuk mengambil jarak dari politik praktis, jadi semuanya sama saja,” kata Gus Yahya di sela-sela forum Asean Intercultural and Interreligius Dialogue Conference (IIDC), Jakarta, Senin, 7 Agustus 2023.

Walaupun PKB lahir dari ulama dan tokoh-tokoh NU, katanya, posisi NU cuma sebagai fasilitator karena ada warga NU alias nahdliyin yang memiliki aspirasi ingin membuat partai. NU tidak ikut campur lagi dan melepaskan diri dari politik praktis setelah partai politik itu terbentuk.

Baca Juga :

Belum Final Dukung Prabowo, PSI: Seperti Arahan Jokowi, Kami Tak Akan Kesusu

Ketum PBNU Gus Yahya Cholil Staquf

Ketum PBNU Gus Yahya Cholil Staquf

“Sudah habis itu sudah sekarang semuanya tergantung pada upaya dari setiap aktor dan partai politik ini untuk memperjuangkan aspirasi rakyat termasuk di antaranya warga NU, Siapa yang mendapat kepercayaan? Ya, silakan,” ujarnya.

Baca Juga :

Plt Ketua Umum PPP Ungkap Wasiat Politik Mendiang Maimun Zubair soal Kiai dan Santri

Karena itu, Gus Yahya menekankan, tidak boleh ada calon presiden dan calon wakil presiden yang mengatasnamakan NU. Begitu juga dengan partai politik. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *