Berdayakan Puluhan Ribu UMKM, IDE by Indosat Business Optimalkan Platform Digital

Implementasi teknologi digital di kalangan pelaku usaha level UMKM diketahui masih sangat kecil. Umumnya UMKM di Indonesia masih mengoperasikan bisnisnya secara tradisional, misalnya pencatatan transaksi jual-beli dengan catatan manual tanpa bantuan aplikasi digital seperti POS. Merespon kondisi ini, Indosat Ooredoo melucurkan IDE by Indosat Business.

IDE (Indosat Digital Ecosystem) adalah inisiatif dari Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengembangkan ekosistem digital untuk UMKM. Satu tahun sejak diluncurkan, IDE by Indosat Business, kini telah membantu pemberdayaan lebih dari 30 ribu pengguna yang merupakan UMKM dan pengusaha di seluruh Indonesia.

Muhammad Buldansyah, Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, “Pengembangan ekosistem digital inikami dapat memberikan dukungan layanan edukasi dan data insight dalam one-stop-solutions digital ecosystem.”

Buldansyah juga menjelaskan bahwa IDE dikembangkan dengan sangat memerhatikan kompetensi dan kondisi UMKM Indonesia yang masih menghadapi isu keterbatasan dalam implementasi digital. “Kami develop ini dalam bentuk mobile website yang friendly untuk bisa diakses dari ponsel, sehingga mereka (UMKM) tidak harus memiliki modal PC,” ungkapnya.

Model toko IDE ini juga sudah bisa dioperasikan dengan mudah dan simple tanpa harus mengunduh dan memasang aplikasi. Hal itu dilakukan untuk meringankan kerja ponsel dan menyederhanakan pemakaiannya. “Jadi ini bentuknya mobile site yang sederhana, friendly dan mudah untuk dioperasikan. Jadi mereka bisa masuk dan mendaftar dari situ.” Jelas Buldansyah.

UMKM yang sudah mendaftar kemudian bisa mengikuti akademi IDE yang di dalamnya akan diberikan pendidikan dan pelatihan seputar digitaliasasi bisnis. Saat ini IDE by Indosat Ooredoo sudah digunakan oleh 30 ribu UMKM yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Tengah dan Timur serta Bali.

Baca Juga  Dituduh LGBT, Punya Istri Siri, Miliki Bunker dan Bandar Judi Online, Ini Kata Ferdy Sambo

“Ke depan, kami akan masuk juga ke Sumatera dan Kalimantan melalui road show agar semakin banyak lagi UMKM bisa mengenal solusi digital ini,” jelas Buldansyah.

IDE by Indosat Business juga menyediakan wadah untuk berbagai solusi bisnis melalui Toko IDE di dalam platform yang sama. Indosat Business juga menggandeng beberapa partner strategis dalam upaya memberikan solusi menjawab banyak kebutuhan lini bisnis, seperti YOOV sebagai mitra penyedia software operasional bisnis dan majoo Indonesia yang memberikan solusi pembayaran kasir secara digital.

Buldansyah mengaku nantinya IDE by Indosat Business akan tumbuh bersama berbagai mitra mulai dari membantu solusi konektivitas, operasional bisnis, promosi, hingga mengembangkan komunitas UMKM di Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan misi Indosat dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *