BEI dengan BBRI dan BRIDS Berkolaborasi Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal

Iman Rachman, Direktur BEI pada peluncuranIDX Mobile di Gedung BEI, Jakarta pada 13 Juli 2023. (Foto : BEI).

PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) saling berkolaborasi untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal. Kolaborasi ini dituangkan ke dalam Nota Kesepahaman Kerja Sama Edukasi dan Literasi Keuangan dan Pasar Modal untuk Ekosistem BBRI yang ditandatangani oleh ketiga pihak di Main Hall BEI, Jakarta pada hari ini.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur BEI Jeffrey Hendrik dan Irvan Susandy, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani, serta Direktur Utama BRIDS Laksono Widodo. Kolaborasi strategis ini merupakan bagian dari komitmen BEI untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait investasi di pasar modal. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini menjadi lebih bermakna karena dilakukan seiring dengan Bulan Inklusi Keuangan pada bulan Oktober 2023. “Nota Kesepahaman ini merupakan komitmen sinergi sekaligus kolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan edukasi dan investasi di pasar modal oleh BEI dan BRIDS untuk pekerja, nasabah, serta seluruh stakeholders yang tergabung dalam ekosistem BBRI,” ujar Direktur Utama BEI, Iman Rachman di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Hal ini diharapkan juga dapat membantu pihak yang terlibat pada ekosistem BBRI dalam mengelola keuangan dengan lebih baik dan mulai berinvestasi di tempat yang legal, salah satunya di pasar modal Indonesia. BRI memiliki lebih dari 120 ribu pekerja, lebih dari 70 juta nasabah, serta lebih dari 698 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, hal ini menjadi potensi yang luar biasa bagi BEI serta BRIDS untuk dapat menyebarkan semangat pengelolaan keuangan dan berinvestasi di pasar modal kepada masyarakat Indonesia.

Melalui 29 Kantor Perwakilan dan 847 Galeri Investasi yang tersebar di seluruh Indonesia, BEI bersama BRIDS siap untuk mendukung berbagai program edukasi untuk meningkatkan literasi dan inklusi, khususnya melalui ekosistem BBRI.

Baca Juga  Synology Agresif Kembangkan Bisnis di Indonesia

Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani, menyampaikan BRI berkomitmen untuk melakukan kegiatan edukasi dan literasi keuangan, baik kepada seluruh pihak yang tergabung ke dalam ekosistem BRI Group maupun masyarakat luas. Hal ini bertujuan untuk mendukung perkembangan pasar modal Indonesia, serta demi mendukung tercapainya visi BRI Group menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion.

Direktur Utama BRIDS Laksono Widodo, mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan Perusahaan, baik untuk memberikan nilai tambah kepada seluruh investor Indonesia, mendukung tercapainya visi dan misi BRI Group dan BRI Danareksa, maupun untuk mendukung peningkatan literasi keuangan pasar modal. Tentunya kerja sama ini dapat mendukung peningkatan volume dan transaksi di pasar modal Indonesia.

Hingga September 2023, jumlah investor pasar modal telah mencapai 11,7 juta dan meningkat signifikan 633% dibandingkan tahun 2018 hanya sebesar 1,6 juta investor. Hal ini menunjukkan peluang dan tantangan bagi pasar modal Indonesia untuk terus berkembang. Dengan lebih dari 890 perusahaan tercatat serta beragam produk investasi, masyarakat memiliki pilihan yang lebih luas untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Aplikasi Digital

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor individu berusia 30 tahun per Agustus 2023 sebesar 57% dari jumlah total investor pasar modal sebanyak 11,58 juta investor. Sedangkan investor berusia 31-40 tahun mencapai 23%. Data tersebut menunjukkan bahwa sekitar 80% investor di Indonesia didominasi oleh generasi milenial dan gen Z. Merujuk kepada data tersebut, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) meluncurkan Brights Easy, bersamaan dengan penandatanganan nota kesepahaman edukasi dan literasi keuangan pasar modal untuk ekosistem BRI Group antara BEI, BRI dan BRIDS di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. “Kami berharap peluncuran ini turut menjadi penopang bisnis BRI Danareksa Sekuritas,” ujar Laksono

Baca Juga  HonkaiStarRail viral video tiktok

Brights Easy merupakan sebuah mode di dalam aplikasi Brights yang ditujukan untuk investor pemula dengan tampilan yang lebih sederhana, fresh dan mudah digunakan untuk bertransaksi saham, obligasi dan reksa dana, hanya dari satu aplikasi. Laksono mengatakan Brights Easy ditujukan untuk memberikan kemudahan dalam berinvestasi, khususnya kepada investor pemula yang juga terdiri dari kalangan milenial dan gen z, agar dapat berinvestasi secara cerdas dan tanpa batas. “Kami berharap diluncurkannya aplikasi Brights Easy Easy ini dapat berkontribusi signifikan terhadap kinerja online brokerage Perusahaan ke depannya, baik kepada pertumbuhan akuisisi nasabah maupun peningkatan jumlah transaksi,” ucap Laksono.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama BRI, Sunarso, menyampaikan bahwa untuk memperkuat eksistensi BRIDS pada segmen retail, BRI sebagai induk usaha BRIDS senantiasa memberikan dukungan penuh inovasi dan transformasi digital. Sunarso menambahkan bahwa sebagai bentuk penguatan sinergi di BRI Group, BRI juga menyediakan akses pembukaan rekening investasi melalui aplikasi mobile banking BRImo.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *