Aksi CSR Astra Property Tanam Pohon di Ammaia Ecoforest

Astra Property kembali menunjukkan komitmennya dalam upaya pelestarian  lingkungan. Salah satunya dengan menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia melalui  program Pranaraksa (penanaman pohon) yang diprakarsai oleh Astra. Program yang ditujukan  untuk melestarikan tanaman langka Nusantara ini dilaksanakan di kawasan projek residensial  Ammaia Ecoforest di Cikupa, Tangerang.

Secara  simbolis  ditanam sejumlah 300 bibit yang diestimasi dapat menyerap sebanyak 18  tCO2/tahun. Nilai ini setara dengan emisi yang dikeluarkan dalam perjalanan 6 orang dengan  pesawat dari Jakarta ke Osaka, pulang pergi.

Dalam menjaga komitmennya, kegiatan Pranaraksa telah dilakukan Astra Property di berbagai  projek mulai tahun 2018. Hingga saat ini,  developer properti ini telah menanam lebih dari 1.000  bibit  tanaman langka di Asya, Resta Pendopo KM 456 dan kini di Ammaia Ecoforest. Bibit tanaman  tersebut kini sudah bertumbuh dengan baik dan bahkan beberapa di antaranya yang  merupakan bibit tanaman buah telah melalui musim panen. 

Wibowo Muljono selaku Wakil Presiden Direktur Astra Property mengatakan, Indonesia  merupakan negara yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Tentu ini menjadi tugas  bersama kita, untuk dapat menjaga kelestariannya. Melalui Pranaraksa, kami berharap  tanaman-tanaman Nusantara yang kini mulai langka, dapat kembali lestari dan terhindar dari  kepunahan. Karena selain penanaman, kegiatan Pranaraksa juga meliput pengumpulan,  pendataan, pembibitan, dan penyebarluasan kembali ke masyarakat.

Lebih lanjut Wibowo menjelaskan, kegiatan Pranaraksa ini juga merupakan bagian dari  kampanye Earth Life Matters Astra Property dalam bidang pelestarian lingkungan, yang  memiliki tujuan untuk menurunkan produksi Gas Rumah Kaca, yang masuk dalam pilar  #EveryEnvironmentMatters. Kehadiran Pranaraksa Center di Ammaia Ecoforest diharapkan  dapat berkontribusi dalam komitmen penghijauan di area lingkungan residensial.

Selain melakukan penanaman pohon, Ammaia Ecoforest juga dilengkapi dengan berbagai fitur  green living yang sesuai dengan sertifikasi Greenship Neighborhood peringkat Gold yang  didapatkan dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Fitur-fitur tersebut diantaranya  adalah green area dalam bentuk community garden di mana penghuni dapat menanam  tanaman yang bisa dipanen untuk kemudian dimasak sendiri, area bermain anak untuk  bereksplorasi, jalur pedestrian/jogging track asri sepanjang 2,5 km yang tersambung dengan  setiap kluster, serta ruang terbuka hijau seluas 5,4 hektar yang disebut Forest Belt.

Baca Juga  Tenaris Menyodorkan Efisiensi Operasional | SWA.co.id

Selain itu,  fitur green living juga diaplikasikan melalui pengelolaan dan koservasi lebih dari 40% air hujan  dengan kapasitas retensi air hujan sebesar 11.781 meter kubik serta memiliki sengkedan alami yang  dapat membantu regulasi aliran air hujan sehingga tidak menimbulkan banjir.

Dilewati oleh garis zamrud khatulistiwa dan memiliki iklim tropis, menjadikan Indonesia  negara yang kaya akan kenekaragaman hayati. Sayangnya, beberapa tanaman ini mulai tidak  dikenal karena keberadaannya yang semakin langka.

Menempati area hijau di Ammaia Ecoforest dengan luas lahan 73.280 meter persegi, upaya konservasi Astra Property diimplementasikan dengan melakukan penanaman sekaligus pemeliharaan berbagai tanaman asli Indonesia yang merupakan tanaman langka. Bibit tanaman langka  tersebut terdiri 15 jenis, di antaranya bibit kayu balau Hopea pierei yang masuk dalam  kategori vulnerable, dan bibit belimbing Papua & Gorontalo yang asli dari Indonesia.

Belimbing Papua dan Gorontalo merupakan bibit yang cukup unik karena hanya dapat ditanam di  dataran rendah dan saat ini keberadaannya bisa ditemukan salah satunya di Kebun Raya Itera,  Lampung. Selain itu beberapa bibit langka lainnya yang turut ditanam adalah merbau, matoa,  mahoni, kenari, jambu Sulawesi, jamblang dan lain lain.

“Selain sebagai tempat untuk konservasi tanaman langka asli Indonesia, kegiatan Pranaraksa  juga diharapkan dapat menjadi pusat pengenalan dan pembelajaran kepada seluruh elemen  masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai tanaman Nusantara yang saat  ini sudah mulai jarang dijumpai,” ucap Wibowo dalam siaran pers (12/02/2024).

Komitmen Astra Property terhadap pelestarian lingkungan ini akan terus dilakukan,  sejalan dengan berkembangnya bisnis. Di tahun ini, Astra Property akan kembali  memperkenalkan projek residential township baru di wilayah Cibubur dan ke depannya akan  terus mengembangkan portofolio residensial, komersial dan industrialnya melalui projek-projek baru yang memiliki unsur sustainability. 

Baca Juga  Jepang Hadapi Topan Lan, Penerbangan hingga Kereta Api Dibatalkan

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *