7 Obat Tradisional dan Suplemen yang Dinyatakan Berbahaya bagi Ginjal oleh BPOM

Selasa, 1 Agustus 2023 – 06:02 WIB

JAKARTA – Sejumlah obat yang beredar di masyarakat dinyatakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), memiliki kandungan berbahaya, terutama untuk organ ginjal. Obat-obatan yang dimaksud masuk dalam kategori obat tradisional dan suplemen kesehatan. 

Baca Juga :

Terpopuler: BPOM Keluarkan Daftar Obat Bahaya Bagi Ginjal, Negara Punya Mr P Paling Besar

“BPOM menemukan sebanyak 8 produk obat tradisional dan suplemen kesehatan yang TMS (tidak memenuhi syarat) keamanan dan mutu, karena mengandung bahan yang dilarang digunakan atau cemaran yang melebihi ambang batas aman,” tulis BPOM dalam keterangannya, dikutip Senin 31 Juli 2023. Scroll untuk info selengkapnya.

Sementara untuk produk kosmetik, BPOM menemukan 4 produk yang masuk kategori TMS keamanan dan mutu, karena mengandung bahan yang dilarang dan bahan berbahaya. Diketahui, produk-produk yang masuk kategori TMS berisiko terhadap kesehatan masyarakat yang mengonsumsinya.

Baca Juga :

Penjualan Meroket, Kimia Farma Cetak Laba Bersih Rp 19,47 Miliar di Semester I-2023

“Risikonya pada gangguan sistem pencernaan, gangguan fungsi hati dan ginjal, serta gangguan hormon,” jelas laporan itu.

Baca Juga :

BPOM Keluarkan Daftar Obat yang Berbahaya bagi Ginjal, Ada Tradisional Hingga Suplemen

BPOM telah mencabut nomor izin edar (NIE) produk obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetik yang TMS tersebut dan menerapkan sanksi administratif kepada pemilik izin edar atau pelaku usaha yang memproduksinya.

Selain itu, BPOM memerintahkan kepada pemilik izin edar produk obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetik yang TMS tersebut untuk menghentikan kegiatan produksi dan distribusi produknya dan menarik semua produk tersebut. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *