5 Manfaat Senam Lantai – Gaya Tempo.co

TEMPO.CO, JakartaSenam lantai ada banyak variasi posisi geraknya. Latihan senam lantai bisa dilakukan di rumah atau di luar ruangan yang terasa nyaman. Cukup menyediakan matras untuk berlatih senam lantai. Posisi gerak senam lantai membantu menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. 

Kayang salah satu gerakan yang dilatih ketika melakukan senam lantai. Gerakan ini dilakukan dengan memposisikan tubuh secara melengkung ke atas dengan menggunakan telapak kaki dan tangan sebagai tumpuan.

Sikap lilin dalam senam lantai pose menjaga keseimbangan pembalikan posisi tubuh. Merujuk Cross Fit, sikap lilin ini tergolong gerak dasar senam lantai.

Manfaat Senam Lantai

1. Meningkatkan keseimbangan  

Senam lantai melakukan gerakan untuk mempertahankan keseimbangan. Manfaatnya sangat bagus untuk membangun dan meningkatkan keseimbangan juga koordinasi tubuh, dikutip dari Carolina Dance Capital. 

2. Membangun fleksibilitas  

Senam lantai membantu membangun kekuatan dan kelenturan tubuh supaya minim cedera. Olahraga ini cukup aman dilakukan oleh pemula. 

3. Meningkatkan kekuatan

Gerakan senam lantai cenderung menggunakan seluruh bagian tubuh. Latihan untuk membantu membangun kekuatan bahu dan lengan untuk mencegah cedera kepala dan leher selama latihan. 

Iklan

4. Meningkatkan keterampilan motorik 

Dikutip dari Metro Blind Sport, senam lantai bermanfaat meningkatkan keterampilan motorik tubuh. Latihan ini bermanfaat membangun otot, tulang, respons fisik. Senam lantai juga melatih kecepatan respons kognitif dan motorik yang kompleks. 

5. Mengurangi risiko depresi 

Senam lantai mengurangi intensitas berbagai gejala gangguan mental. Misalnya, seperti depresi, kecemasan, susah tidur, dan stres.  Gerakan dalam senam membantu mempengaruhi suasana hati dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. 

Kesehatan mental bisa dijaga dengan berbagai aktivitas atau hobi. Seseorang yang meluangkan waktunya dalam kegiatan yang menyenangkan akan mempengaruhi kesehatan mental atau mencegah depresi.

Baca Juga  'Menghilang' 13 Tahun, Pemain Ini Kembali ke Inter Milan

Depresi bisa dicegah dengan cara yang sangat mudah melakukan aktivitas fisik berolahraga, senam lantai salah satunya.. Menurut laporan American Journal of Psychiatry, latihan kecil bisa melindungi diri dari depresi dan menjaga kesehatan mental. 

Pilihan Editor: Posisi Sikap Lilin, Ada Senam Lantai dan Latihan Yoga



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *