5 Hal yang Perlu Dilakukan Jika dalam Situasi Darurat Kecelakaan Pesawat

TEMPO.CO, JakartaKecelakaan pesawat adalah situasi darurat yang jarang terjadi, namun memiliki dampak yang besar dan bisa mengancam nyawa penumpang dan seluruh awak. Mengetahui langkah-langkah yang benar untuk diambil dalam situasi seperti ini dapat membantu meningkatkan peluang kelangsungan hidup dan memberikan bantuan kepada diri sendiri serta orang lain di sekitar.

1. Tetap Tenang dan Ikuti Instruksi Awak Kabin

Dilansir dari The Southern Maryland Chronicle, saat terjadi goncangan atau kejadian tak terduga di pesawat, yang paling penting adalah tetap tenang. Ikuti instruksi dari awak kabin dengan seksama dan segera pasang sabuk pengaman jika diminta. Jika terjadi dekompresi kabin, pasang masker oksigen seperti yang diinstruksikan.

2. Waspada terhadap asap.

Jika ada asap di dalam kabin, penting untuk menutup hidung dan mulut dengan sepotong pakaian atau handuk. Jika harus melewati area yang dipenuhi asap, merangkaklah saat asap membumbung tinggi.

3. Keluar dari Pesawat Cecepat Mungkin

Jika hal paling buruk terjadi yakni pesawat jatuh. Keluarlah dari pesawat secepat mungkin penting untuk keluar dari pesawat secepat mungkin setelah mendarat. Ini karena sebagian besar korban selamat dari kecelakaan pesawat ditemukan dalam jarak 300 kaki pertama dari titik jatuhnya pesawat.

Iklan

4. Cari Tempat yang Aman untuk Tinggal.

Setelah berhasil keluar dari pesawat, carilah tempat yang aman dari reruntuhan pesawat untuk berjaga-jaga jika terjadi kebakaran atau ledakan. Cobalah untuk menemukan area yang jelas di mana tim penyelamat dapat dengan mudah menemukan penumpang yang selamat.

Contohnya, pada kecelakaan pendaratan darurat US Airways Penerbangan 1549 tahun 2009, para penumpang dan awak pesawat diinstruksikan untuk menjauh dari pesawat dan berdiri di sayap pesawat agar dapat dengan mudah dilihat oleh kapal penyelamat.

Baca Juga  Arab Saudi Kirim Bantuan Makanan untuk Warga Sudan

5. Cobalah Tetap Tenang dan Rileks.

Akan sangat membantu jika dapat menjaga diri dan orang lain di sekitar tetap tenang. Jika udara semakin dingin, cobalah untuk menemukan sesuatu yang dapat membantu tetap hangat, seperti selimut atau pakaian.

Pilihan editor: 3 Kecelakaan Pesawat Terparah dalam 10 Tahun Terakhir



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *