5 Cara Alami Terbukti Efektif Menghilangkan Batuk Tanpa Efek Samping

Minggu, 6 Agustus 2023 – 13:05 WIB

Jakarta –  Batuk adalah refleks normal tubuh untuk membersihkan saluran udara dari lendir, asap, dan iritasi lainnya yang ada di saluran napas. Meski demikian, batuk terus-menerus juga bisa jadi pertanda buruk bagi kesehatan dan tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga :

Jangan Asal! Ini Beda Penanganan Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Untuk mencegah batuk terus berlanjut, biasanya orang akan mengkonsumsi obat batuk yang banyak dijual di pasaran. Namun, jika Anda ingin mencoba menghilangkan batuk dengan bahan alami, berikut informasi selengkapnya:

Bahan alami menghilangkan batuk tanpa efek samping

Baca Juga :

Virus Baru MERS Lebih Mematikan, Diduga Sudah Tulari Ratusan Orang

Bahan alami dipercaya dapat menjadi alternatif apabila Anda tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan dokter. Selain aman digunakan, bahan-bahan alami juga telah terbukti ampuh menghilangkan keluhan, seperti batuk. Berikut ini bahan alami untuk meredakan batuk:

Baca Juga :

Wajib Tahu! Ini 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk

1. Jahe

Mengutip beberapa sumber, Minggu, 6 Agustus 2023, Jahe sudah lama dikenal masyarakat sebagai obat herbal. Salah satu keluhan kesehatan yang bisa diatasi menggunakan jahe adalah batuk. Mengkonsumsi jahe saat batuk dapat membuat otot-otot pada saluran napas menjadi rileks.

Jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan di tenggorokan. Cara mengkonsumsinya, Anda dapat merebus jahe, kemudian Anda bisa meminum air rebusan jahe tersebut, Anda juga bisa mencampurnya dengan sedikit madu.

Sensasi hangat dari jahe membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan sehingga cocok dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Ilustrasi Batuk Berdahak

2. Daun Mint

Daun mint mengandung mentol yang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi. Anda dapat mencoba meramu obat tradisional dengan membuat teh daun mint.

Baca Juga  Blibli Perkokoh Ekosistem Omnichannel, Manjakan Penggemar Apple

Kandungan menthol dalam daun mint juga bersifat sebagai analgesik atau pereda nyeri saat batuk. Caranya, masukkan beberapa helai daun mint ke dalam air panas lalu tunggu beberapa saat sebelum diminum.

3. Lemon

Sebagai obat batuk, lemon mampu mengurangi radang yang terjadi di bagian tenggorokan, sekaligus memberi asupan vitamin C untuk tubuh.  Vitamin C berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam membasmi infeksi kuman, termasuk infeksi di saluran napas yang menjadi penyebab batuk. Anda dapat mencampurkan perasan lemon dengan satu sendok teh madu, kemudian meminumnya bersamaan.

Ilustrasi obat sirup/obat batuk.

Ilustrasi obat sirup/obat batuk.

4. Air putih hangat

Minum air putih hangat diketahui mampu mengencerkan dahak yang menempel di belakang tenggorokan sehingga menjadi lebih mudah dikeluarkan. Konsumsi air putih hangat juga dapat mengurangi refleks batuk yang mengganggu di tenggorokan.

Selain itu, cara menghilangkan batuk berdahak satu ini juga mampu membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang turut meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, proses pemulihan tubuh dari infeksi bakteri atau virus penyebab batuk berdahak bisa berjalan dengan optimal.

5. Mandi air hangat

Mandi menggunakan air hangat bisa dilakukan untuk meredakan batuk berdahak karena uap air hangatnya dapat membantu mengencerkan dahak serta melegakan tenggorokan. Selain membantu mengencerkan dahak, mandi menggunakan air hangat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks serta meredakan rasa nyeri akibat batuk berkepanjangan.

Ilustrasi mandi
Ilustrasi air minum.

Terpopuler: Wanita Meninggal Terlalu Banyak Minum Air, Zodiak Selalu Cemas dalam Hidup

Beda penanganan batuk berdahak dan batuk kering juga tak kalah dilirik. Belum lagi soal daftar zodiak yang selalu merasa cemas dalam hidup hingga festival kopi di NTT.

img_title

VIVA.co.id

6 Agustus 2023



Quoted From Many Source

Baca Juga  Risiko Kecelakaan Tinggi, Kemenhub Tutup Perlintasan Sebidang Kereta Api

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *