5 Angkatan Laut Terkuat di Dunia versi WDMMW 2023, Indonesia Peringkat Berapa?

TEMPO.CO, JakartaWorld Directory of Modern Military Warship atau WDMMW belum lama ini merilis peringkat tahunan bagi angkatan laut di seluruh dunia. Pemeringkatan itu menggunakan formula dengan hitungan nilai-nilai terkait dengan kekuatan tempur total. Kekuatan tersebut berasal dari layanan angkatan laut dunia. 

Dilansir dari laman WDMMW, berikut lima daftar lima angkatan laut terkuat di dunia 2023.

1. Amerika Serikat

Angkatan laut yang berhasil menduduki peringkat teratas adalah Amerika Serikat. WDMMW menilai bahwa Amerika Serikat memiliki nilai sebesar 323,9. Nilai ini layak untuk mendapatkan peringkat tinggi karena layanan yang diberikannya. Negara ini memiliki 4 konsentrasi kekuatan, yaitu 11 kapal induk, 68 kapal selam, 131 inti armada, dan 33 unit amphib assault. 

2. Cina

Angkatan Laut Cina atau biasanya disebut dengan The People’s Army Navy (PLAN) ini berhasil mendapatkan peringkat kedua di dunia dengan nilai 319,8. PLAN memiliki kunci utama dalam kekuatannya, yaitu peningkatan armada kapal induk sayap tetap. Konsentrasi kekuatan yang dimiliki yaitu 3 kapal induk, 72 kapal selam, 339 inti armada, dan 11 amphib asslt. 

3. Rusia

Iklan

Rusia berhasil menduduki peringkat ketiga dengan nilai 242,3. Angkatan laut yang berdiri pada 1969 ini memiliki konsentrasi kekuatan, seperti 1 kapal induk, 58 kapal selam, 185 inti armada, dan 21 amphib asslt. Saat ini, rusia memiliki inventaris angkatan laut yang aktif sebanyak 256 unit. 

4. Indonesia

Indonesia yang memiliki TNI Angkatan Laut mendapatkan nilai sebesar 137,3 dari MDMMW. Konsentrasi kekuatan yang dimiliki yaitu 4 kapal selam, 209 inti armada, dan 30 amphib asslt. Pemasok Indonesia untuk kapal-kapalnya berasal dari Jerman, Jepang, Korea, dan Singapura. 

5. Korea Selatan 

Baca Juga  3 Produk Ditarik BPOM dari Pasar, PT Bintang Kupu-Kupu: Tay Pin San Puyer dan Kapsul Aman

The Republic of Korea Navy (KORN) berda di peringkat kelima dengan nilai 122,9. Mengutip Bussines Insider, Korea Selatan tidak memiliki sebuah kapal induk atau kapal penjelajah. Konsentrasi kekuatan yang dimiliki meliputi 18 kapal selam, 110 inti armada, dan 10 amphib asslt. 

Pilihan Editor: Adu Kekuatan Angkatan Laut Cina Vs AS, Mana Lebih Unggul?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *