12 Jurusan Langka di Kampus Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta – Menentukan jurusan kuliah atau program studi tentunya harus dengan berbagai pertimbangan. Selain mempertimbangkan akreditasi perguruan tinggi, jurusan menjadi salah satu aspek yang menentukan gelar, prospek kerja, dan cita-cita yang diharapkan. 

Biasanya, calon mahasiswa akan memilih program studi yang familiar atau sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Namun, ternyata ada beberapa perguruan tinggi menawarkan jurusan yang jarang ada ditemui di kampus. Lantas, apa saja jurusan langka di kampus Indonesia? Berikut daftarnya. 

1.    Astronomi

Program studi Astronomi hanya dapat ditemui di Institut Teknologi Bandung (ITB). Kata astronomi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu astron yang berarti bintang dan nomos artinya hukum. Dengan demikian, bidang ilmu tersebut akan mempelajari benda-benda di langit dan berbagai fenomenanya. 

2.    Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen dikhususkan untuk menggali pengetahuan tentang konsumen dan perilaku ekonomi keluarga dalam mengalokasikan sumber daya. Sejumlah mata kuliah yang diajarkan pada salah satu jurusan di Institut Pertanian Bogor (IPB) itu, antara lain Pengasuhan Anak dan Pendidikan Holistik. 

3.    Kriminologi

Jurusan Kriminologi adalah ilmu yang menganalisis tentang kejahatan dan penyebabnya di masyarakat. Jurusan ini bisa jadi pilihan calon mahasiswa yang ingin mempelajari bagaimana suatu kejahatan bisa muncul. Di Indonesia, hanya Universitas Indonesia (UI), Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau yang menawarkan jurusan Kriminologi. 

4.    Manajemen Industri Katering

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka jurusan Manajemen Industri Katering (MIK) pada 16 Maret 2005 di bawah Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program studi MIK memiliki mata kuliah, di antaranya Pengetahuan Bahan Pangan Gastronomi, Teknik Pengolahan Roti, dan Manajemen Keuangan Pariwisata. 

Baca Juga  Resep Mudah Membuat Sendiri Seblak di Rumah

5.    Oseanografi

Oseanografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari samudra atau lautan dan segala fenomenanya. Biasanya, oseanografi dipelajari secara umum pada jurusan Ilmu Kelautan. Namun, ada beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Oseanografi, yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Halu Oleo (UHO). 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *